Sejarah Perkembangan Sastra Arab Pada Masa

SEJARAH PERKEMBANGAN SATRA ARAB MASA JAHILIYAH DAN PERMULAAN ISLAM

1. Periode Jahiliyah

Periode ini merupakan periode pembentukan dasar-dasar bahasa Arab. Pada periode ini ada kegiatan-kegiatan yang dapat membantu perkembangan bahasa Arab, yakni di suq (pasar) Ukaz, Zual-Majaz, dan Majannah yang merupakan festival dan lomba bahasa Arab antara suku Quraisy dan suku-suku lain yang datang ke Mekkah untuk berbagai keperluan, yang dapat membentuk suatu kesusastraan yang baku. perkembangan kesusastraan Arab pada masa ini dibagi atas dua bagian, yaitu masa sebelum abad ke-5, dan masa sesudah abad ke-5 sampai dengan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah (1 H/622M).

2. Periode permulaan islam

Sejak datangnya Islam sampai berdirinya Bani Umayyah. Setelah Islam Berkembang luas, terjadilah perpindahan orang-orang Arab ke daerah-daerah baru. Mereka tinggal dan menetap di tengah-tengah penduduk asli, sehingga mulailah terjadi asimilasi dan pembaharuan yang memperkuat kedudukan bahasa arab. Perkembangan kesusastraan Arab pada masa ini berlangsung sejak tahun 1 H/622 M hinggga 132H/750M, yang meliputi: masa Nabi Muhammad SAW dan Khalifah ar-Rasyidin (1-40H/662-661 M), dan masa Bani Umayyah (41-132 H/661-750 M). (Ahmad Hasan Kahil.1953: 5-6)

Adanya Perbedaan istilah dalam penulisan periodesasi kesusastraan Arab seperti dua contoh di atas, merupakan suatu hal yang wajar, seperti yangdikemukakanTeeuw bahwa perbedaan itu disebabkan empat pendekatan utama, yaitu:

1. Mengacu pada perkembangan sejarah umum, politik atau budaya 
2. Mengacu pada karya atau tokoh agung atau gabungan dari kedua haltersebut. 
3. Mengacu pada motif atau tema yang terdapat dalam karya sepanjangzaman. 
4. Mengacu pada asal-usul karya sastra

free7 network twitter technorati

0 comments:

Posting Komentar

Area Populer

 
Blog Indonesia